Selasa, 28 Agustus 2018

CILOK CRISPY


Cara Membuat Cilok Goreng Crispy Panir 
Lanjut ke cilok crispy ini, awalnya aku lihat foto cilok goreng tepung panir yang dia buat untuk jualan. Jadi critanya dia itu punya bisnis makanan di rumah, jadi setiap hari membuat kue kering dan kue basah seperti puding, cake semangka, risoles, nugget, bakso goreng, tahu crispy, tahu bulat, cilok daging, cilok goreng crispy dan lain sebagainya.
Asli pas awal aku melihat postingan cilok panirnya di BBM langsung ngiler deh. Hemm efek baper kali yah, jadi rasanya cilok goreng renyah yang dia buat itu paling enak sedunia. Padahal mah mungkin biasa-biasa saja ya hiihi halo bun piss. Tapi ini yang membuat aku penasaran dan coba membuat cilok goreng ini. Eh bener, rasanya enak deh.
Menurutku rasanya lebih gurih dari pada olahan cilok bandung pada umumnya yang memiliki tekstur empuk dan kenyal. Kalau cilok goreng yang satu ini rasanya enak gurih dan ada sensasi kriuk-kriuk nya. Jajanan seperti ini paling disukai anak kecil, lah wong aku aja suka banget. Cocok untuk camilan ketika bersantai, nonton tv atau kumpul keluarga. Untuk menambah rasanya bisa cocolkan cilok crispy ke saus pedas botolan dan mayonaise.
Cara membuat cilok goreng crispy panir tentu saja sangat mudah dan praktis. Untuk membuatnya kita menggunakan adonan dasar cilok lalu bisa di isi dengan isian sesuai selera. Dari sosis, kornet, cincangan daging ayam / sapi, bakso, telur puyuh, cincangan daging ikan, udang, keju dan lain sebagainya. Isian silahkan di kreasikan sesuai selera, di mix / kombinasi juga boleh. Contohnya seperti sosis dan daging ayam dan bakso keju.
Kreasi cara membuat cilok goreng crispy ini merupakan salah satu inovasi baru setelah adanya cilok bakar dan cilok panggang. Populer dan boomingnya cilok crispy tepung panir tak kalah hebohnya denganyang beberapa waktu lalu aku bagikan. Jajanan Bandung memang selalu unik dan selalu menggegerkan dunia maya khususnya di grup masakan dan baking media sosial.
Tampilan cilok yang sudah digoreng dan dibalut dengan tepung panir menurutku jadi mirip dengan gorengan bulat lainnya. Seperti Bakso Goreng Crispy, Bola-bola Nasi Tepung Panir, Bola-bola Mie Panir, Bola Tahu Crispy, Kroket Kentang dan masih banyak lainnya. Yowis tak panjang lebar lagi ya.. yuk di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Cilok Goreng Crispy Panir nya. Semoga suka ya 🙂

Resep dan Cara Membuat Cilok Goreng Crispy Panir



Hasil gambar untuk cilok crispy
Resep dan Cara Membuat Cilok Goreng Crispy Pani

Bahan-bahan Cilok Crispy :

  • Tepung terigu 250 gram
  • Tepung kanji (sagu) 250 gram
  • Ladaku 1 bungkus
  • Bawang putih 6 siung (haluskan)
  • Royco 1 bungkus
  • Tepung panir 150 gram

Bahan Isi Cilok :

  • Sosis secukupnya (potong bulat-bulat)

Cara Membuat Cilok Goreng Crispy Panir :

  1. Langkah awal campur tepung terigu dan tepung kanji terlebih dahulu kemudian ayak hingga tercampur rata.
  2. Setelah itu masukkan royco, ladaku dan bawang putih. Aduk-aduk sampai merata.
  3. Selanjutnya beri air panas sedikit demi sedikit lalu uleni adonan hingga kalis. Ambil adonan, pipihkan lalu beri potongan sosis dan silahkan bentuk bulat-bulat kecil seperti olahan bakso.
  4. Rebus adonan yang sudah di bulat-bulatkan tadi di air mendidih. Jika cilok sudah mengapung pertanda cilok sudah matang dan segeralah di angkat.
  5. Langkah berikutnya ambil beberapa sendok tepung terigu lalu beri air secukupnya. Aduk merata (buat adonan ini agak kental ya).
  6. Masukkan cilok yang sudah di rebus tadi ke dalam adonan terigu. Kemudian gulingkan cilok ke tepung panir kering.
  7. Tunggu beberapa saat agar tepung panir menempel dengan baik dan cilok pun siap untuk di goreng.
  8. Goreng hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama cocolan saus atau mayones. Nyam, endessss!!
Adonan cilok goreng tepung panir yang aku bikin masih menggunakan adonan cilok klasik dengan rasa original. Hasilnya krispi di luar dan masih ada tekstur empuk di dalamnya.
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai 


Lokasi: Jl. Raya Banjar - Pangandaran, Hegarsari, Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat 46322, Indonesia

6 komentar: